Mengenal Beberapa Macam Metode Sterilisasi Dalam Berbagai Bidang

metode sterilisasi

Metode Sterilisasi secara umum terbagi ke dalam dua kategori atau dua jenis yaitu metode fisik dan metode kimia. Dan masing – masing metode ini dapat diuraikan menjadi beberapa jenis lagi. Untuk mengetahui selengkapnya, mari simak dalam pembahasan singkat pada kesempatan kali ini. 

Pengertian Sterilisasi 

Sebelum kita masuk ke pembahasan metode, kita ketahui terlebih dulu definisi dari sterilisasi. Sterilisasi adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan (membunuh) mikroorganisme (bersifat patogen) yeng berada (menempel) pada satu benda tertentu dengan menggunakan metode tertentu. Prosedur sterilisasi dilakukan di berbagai bidang seperti termasuk medis, industri, peternakan, mikrobiologi, kimia dan lain sebagainya. 

Beberapa Metode Sterilisasi 

Metode Sterilisasi Fisik

Sebagaimana sudah kita uraikan diatas, sterilisasi dapat dikategorikan menjadi dua macam metode umum yaitu fisik dan kimia. Dan metode fisik meliputi beberapa cara atau jenis. Berikut uraiannya. 

Pemanasan

Metode pemanasan sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu Panas Kering dan Panas Basah (Uap). Hal ini didasarkan pada cara pemanasan dilakukan. Berikut uraian selengkapnya : 

Panas Kering

Panas kering dilakukan dengan menggunakan Bunsen (pembakar spirtus) dan menggunakan alat yang disebut Dry Heat Sterilizer. Metode panas kering dengan pembakaran digunakan pada alat – alat yang berbahan logam atau kaca dengan cara dibakar diatas api (bunsen) dalam waktu yang tidak lama (tidak sampai memijar). Contohnya pemanasan cawan petri sebelum digunakan dalam proses pemeriksaan uji antibiotik. 

Metode sterilisasi panas kering yang lebih modern dan digunakan di dunia medis adalah dengan panas radiasi udara (oksidasi). Metode ini menggunakan alat yang umumnya disebut dengan sterilisator kering. Metode ini juga efektif untuk mensterilkan benda – benda atau alat dari bahan logam dan kaca. Sedikit kekurangan dari metode ini adalah tidak dapat digunakan untuk mensterilkan benda dengan bahan karet atau plastik. 

Panas Basah

Metode pemanasan yang kedua adalah dengan metode panas basah. Hal ini karena ada unsur air yang digunakan dalam metode tersebut. Prinsipnya adalah mensterilkan benda – benda dengan memanfaatkan uap panas dalam tekanan yang tinggi. Untuk melakukan prosedur sterilisasi metode ini digunakan alat yang disebut Autoclave. Seiring dengan perkembangan zaman, autoclave yang awalnya masih menggunakan model manual, sekarang sudah dibuat model baru yang dapat digunakan secara otomatis. Keunggulan metode panas uap adalah dapat mensterilkan bahan – bahan yang terbuat dari karet, plastik, dan bahan lain sejenisnya. 

Metode Radiasi 

Sterilisasi dengan menggunakan metode radiasi juga dilakukan di berbagai bidang. Kita tentu mengetahui perusahaan air minum kemasan. Menggunakan metode ini dalam mensterilkan bahan baku berupa air yang berasal dari mata air. Metode radiasi juga digunakan dalam dunia kesehatan untuk mensterilkan ruangan menggunakan pancaran sinar ultraviolet. 

Metode Sterilisasi Kimia

Dinamakan metode kimia karena dalam prosesnya menggunakan atau melibatkan bahan – bahan kimia. Banyak sekali sifat zat – zat kimia yang dapat digunakan untuk mensterilkan mikroorganisme (patogen) yang menempel pada benda. Umumnya zat atau cairan yang digunakan seperti Hydrogen Peroksida, Formaldehide. 

Selain itu, proses sterilisasi Desinfeksi juga merupakan metode sterilisasi secara kimia karena menggunakan bahan – bahan kimia berupa Etil Alkohol dengan kadar 70% hingga 95%. Zat kimia lain yang digunakan dalam proses ini diantaranya adalah Chlorin, iodine,  Aldehid dan lain sebagainya. 

Nah itulah sedikit ulasan atau uraian tentang beberapa Metode Sterilisasi yang umum digunakan dalam berbagai bidang termasuk juga dalam dunia medis. Bila anda membutuhkan informasi alat – alat sterilisasi untuk medis dan industri anda bisa kunjungi katalog produk Autoclave Fulki Hasya yang ada di dalam website ini. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda dan segera hubungi kontak kami untuk proses  selanjutnya. Sekian, semoga bermanfaat !

Comments (2)

  1. Posting yang bagus, saya telah membagikannya dengan teman-teman saya.

    1. Semoga bermanfaat, teruslah berbagi dengan teman – teman and

Write a comment

Your email address will not be published. All fields are required